Sunday, January 31, 2010

mathematic linier 2 variable

kumpulan ptk rpp sekolah learning silabus sertifikasi guru pendidikan portofolio dapodik contoh tugas kuliah makalah skripsi mata pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMK...........................
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas / Semester        : X / 1
Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan
                                        pertidaksamaan linier dan kuadrat          
Kompetensi Dasar     : 3.1 Menyelesaikan Sistem Persamaan
Indikator :


  • Sistem Persamaan linier dua variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
Pertemuan Ke  : 1
Alokasi       : 1 x 45 Menit


1. TUJUAN
Siswa dapat


  • menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
2. MATERI POKOK


  • Sistem Persamaan linier dua variabel

3. METODE PEMBELAJARAN


  • Ceramah


  • Diskusi


  • Penugasan


  • Penemuan    
4. LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan awal
Apersepsi:


  • Memberikan pertanyaan lisan seputar kompetensi yang akan dibelajarkan 
    Motivasi :


  • Memberikan gambaran pentingnya sistem persamaan linier dua variabel.
b. Kegiatan Inti


  • Mendeskripsikan cara penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
c. Materi Pembelajaran


  • Persamaan linier dengan dua variabel
d. Kagiatan Akhir


  • Memberikan tugas untuk menyelesaikan lembar kerja

5. ALAT / BAHAN SUMBER BELAJAR
a. Alat / bahan
b. Sumber Belajar


  • Buku Matematika SMK kelas X, Yudhistira.


  • Referensi lain yang relevan (LKS)
6. PENILAIAN
1. Kuis
2. Tes Lisan
3. Tes Tulis



Soal Penilaian :
Standar Kompetensi  : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat        
Kompetensi Dasar     : Menyelesaikan Sistem Persamaan dua variabel.


A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar !


  1. Di bawah ini merupakan persamaan linier dua peubah, kecuali......
    a. x + 2y – 7 = 0 dan 2x + 4 = 8 d. 3X – y = 9 dan 3x = 2y – 12
    b. x + 3 = 10 dan 5 + x = 7 e. A, b, c, d salah
    c. x = 4 dan 3x – 6y = 6


  2. Titik potong dari 3x = y + 1 dan x – 2y = -8 adalah …..........
    a. (4, 2) c. (2, 3) e. (4, -5)
    b. (2, 5) d. (-3, 4)


  3. Himpunan penyelesaian dari 3 (5 – x) = 24 – 4 (x + 3) adalah ….......
    a. (-1) c. (-3) e. (2)
    b. (-2) d. (3)


  4. Persamaan yang mempunyai HP = (-5, -2) adalah …..........





5. Metode yang tepat untuk mencari : 


 adalah …....
 
a. Eliminasi c. Determinan matriks e. Distributif
b. Substitusi d. Grafik

Kunci Jawaban :
1. b
2. b
3. d
4. d
5. b






Skor nomor 1 = 2
Skor nomor 2 = 2
Skor nomor 3 = 2
Skor nomor 4 = 2
Skor nomor 5 = 2
--------------------------
jumlah = 10
Total Skor =  
 


a. Jenis tagihan ulangan harian, tugas, kuis.
b. Tindak lanjut siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih.
c. Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
d. Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%

Mengetahui,                                          Blogger, ........................ 2010
Kepala Sekolah SMK ......                        Guru Mata Pelajaran



(....................................... )                 (...................................................)

Semoga Makalah / skripsi / PTK

mathematic linier 2 variable

bermanfaat bagi Anda, dan Jika ada usul dan saran buat Kumpulan PTK RPP, silahkan beri komentarnya yang ada di bawah.
Terima Kasih.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Anda memerlukan silabus, RPP, PTK yang lainnya yang belum saya terbitkan ?? silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.
Komentar anda akan di moderasi terlebih dulu sebelum tampil.