kumpulan ptk rpp sekolah learning silabus sertifikasi guru pendidikan portofolio dapodik contoh tugas kuliah makalah skripsi mata pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK...........................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : X / 1
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dan kuadrat
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dan kuadrat
Kompetensi
Dasar : 3.1 Menyelesaikan Sistem Persamaan
Indikator
:
Sistem Persamaan linier dua variabel ditentukan himpunan penyelesaiannya
Pertemuan
Ke : 1
Alokasi :
1 x 45 Menit
1.
TUJUAN
Siswa
dapat
menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
2.
MATERI POKOK
Sistem Persamaan linier dua variabel
3.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah
Diskusi
Penugasan
Penemuan
4.
LANGKAH
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan awal
Apersepsi:
Memberikan pertanyaan lisan seputar kompetensi yang akan dibelajarkan
Motivasi :
Memberikan gambaran pentingnya sistem persamaan linier dua variabel.
b.
Kegiatan Inti
Mendeskripsikan cara penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
c.
Materi
Pembelajaran
Persamaan linier dengan dua variabel
d.
Kagiatan Akhir
Memberikan tugas untuk menyelesaikan lembar kerja
5. ALAT / BAHAN SUMBER BELAJAR
a. Alat / bahan
b. Sumber Belajar
Buku Matematika SMK kelas X, Yudhistira.
Referensi lain yang relevan (LKS)
6.
PENILAIAN
1.
Kuis
2.
Tes Lisan
3. Tes Tulis
Soal
Penilaian :
Standar Kompetensi
: Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan
pertidaksamaan linier dan kuadrat
Kompetensi Dasar
: Menyelesaikan Sistem Persamaan dua variabel.
A. Berilah tanda silang (x) huruf
a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar !
Di bawah ini merupakan persamaan linier dua peubah, kecuali......a. x + 2y – 7 = 0 dan 2x + 4 = 8 d. 3X – y = 9 dan 3x = 2y – 12b. x + 3 = 10 dan 5 + x = 7 e. A, b, c, d salahc. x = 4 dan 3x – 6y = 6
Titik potong dari 3x = y + 1 dan x – 2y = -8 adalah …..........a. (4, 2) c. (2, 3) e. (4, -5)b. (2, 5) d. (-3, 4)
Himpunan penyelesaian dari 3 (5 – x) = 24 – 4 (x + 3) adalah ….......a. (-1) c. (-3) e. (2)b. (-2) d. (3)
Persamaan yang mempunyai HP = (-5, -2) adalah …..........
a. Eliminasi c. Determinan
matriks e. Distributif
b. Substitusi d. Grafik
Kunci
Jawaban :
1. b
2. b
3. d
4. d
5. b
Skor nomor 1 = 2
Skor nomor 2 = 2
Skor nomor 3 = 2
Skor nomor 4 = 2
Skor nomor 5 = 2
--------------------------
jumlah = 10
a. Jenis tagihan ulangan harian, tugas, kuis.
b. Tindak lanjut siswa dinyatakan
berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih.
c. Memberikan program remidi untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
d. Memberikan program pengayaan untuk
siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
Mengetahui, Blogger, ........................ 2010
Kepala
Sekolah SMK ......
Guru Mata Pelajaran
(....................................... )
(...................................................)
Semoga Makalah / skripsi / PTK mathematic linier 2 variable
bermanfaat bagi Anda, dan Jika ada usul dan saran buat Kumpulan PTK RPP, silahkan beri komentarnya yang ada di bawah.
Terima Kasih.