Friday, June 3, 2011

PROSEDUR PENENTUAN PESERTA PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2011

kumpulan ptk rpp sekolah learning silabus sertifikasi guru pendidikan portofolio dapodik contoh tugas kuliah makalah skripsi mata pelajaran
PROSEDUR PENENTUAN PESERTA PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2011


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyelenggaraan sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2011 dibagi dalam 3 (tiga) pola sebagai berikut:
  1. Penilaian Portofolio (PF)
  2. Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung (PSPL)
  3. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
Adapun alur pola sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2011 adalah sebagai berikut:
  1. Guru dalam jabatan yang memenuhi persyaratan sebagai peserta sertifikasi guru pertama kali harus melakukan penilaian terhadap kesiapan dirinya dalam mengikuti uji kompetensi melalui penilaian portofolio untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Kesiapan yang dimaksud adalah: (1) ketersediaan dan kelengkapan dokumen portofolio yang dimilikinya, (2) telah melakukan penilaian sendiri terhadap dokumen portofolio yang dimilikinya, dan (3) memiliki kesiapan diri untuk mengikuti tes awal.
  2. Berdasarkan hasil penilaian diri tersebut, kemudian guru melakukan pemilihan pola sertifikasi guru: pola PSPL, pola PF, atau pola PLPG.
  3. Peserta yang telah siap mengikuti pola PSPL, mengumpulkan dokumen untuk diverifikasi oleh asesor Rayon LPTK sebagai persyaratan untuk menerima sertifikat pendidik secara langsung. Penyusunan dokumen mengacu pada Pedoman Penyusunan Portofolio). LPTK penyelenggara sertifikasi guru melakukan verifikasi dokumen. Apabila dokumen yang dikumpulkan oleh peserta dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) maka peserta dinyatakan lulus sertifikasi guru dan menerima sertifikat pendidik, sebaliknya apabila tidak memenuhi persyaratan (TMP), maka secara otomatis menjadi peserta PLPG.
  4. Peserta yang siap memilih pola PF, mengikuti prosedur sebagai berikut.
  1. Peserta wajib mengikuti tes awal di tempat pelaksanaan tes yang ditetapkan oleh KSG (ICT Center). Soal tes disediakan oleh KSG melalui WEBSITE KSG yang hanya dapat dibuka di ICT Center.
  2. Peserta yang mencapai nilai/skor tes sama dengan atau lebih tinggi dari batas kelulusan yang ditetapkan oleh KSG, maka peserta dinyatakan lulus mengikuti sertifikasi pola PF. Peserta yang tidak lulus tes awal secara otomatis menjadi peserta sertifikasi pola PLPG.
  3. Peserta yang lulus tes awal mendapatkan bukti kelulusan dari ICT Center dan diberi waktu untuk menyusun portofolio. Fotokopi bukti kelulusan tes awal dilampirkan dalam bendel portofolio.
  4. Portofolio yang telah disusun oleh peserta sertifikasi diserahkan kepada dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota dan diteruskan kepada Rayon LPTK untuk dinilai oleh asesor.
  1. Peserta yang mengikuti PLPG adalah peserta yang: (1) langsung memilih pola PLPG; (2) memilih pola PF tetapi tidak lulus tes, atau tidak lulus penilaian PF, atau tidak lulus verifikasi berkas PF; dan (3) berstatus TMP pada pola PSPL. Waktu pelaksanaan PLPG ditentukan oleh Rayon LPTK sesuai ketentuan yang tertuang dalam Rambu-Rambu Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.
PLPG diperuntukkan bagi guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang:
(1) memilih langsung mengikuti PLPG
(2) tidak memenuhi persyaratan PSPL dan memilih PLPG, dan
(3) tidak lulus penilaian portofolio, PLPG harus dapat memberikan jaminan terpenuhinya standar kompetensi guru.

Beban belajar PLPG sebanyak 90 jam pembelajaran, meliputi:
1 jam pre test,
3 jam profesionalisme,
6 jam pendalaman materi,
6 jam PAIKEM, media dan asesmen,
2 jam Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
6 jam workshop PTK,
32 workshop

Subject Specific Pedagogic (SSP) untuk mengembangkan dan mengemas perangkat pembelajaran, 30 jam , dan 4 jam ujian tulis.

Semoga Makalah / skripsi / PTK

PROSEDUR PENENTUAN PESERTA PLPG SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2011

bermanfaat bagi Anda, dan Jika ada usul dan saran buat Kumpulan PTK RPP, silahkan beri komentarnya yang ada di bawah.
Terima Kasih.


Comments
1 Comments

1 comment:

  1. MOHON KIRIM PTK TIK KE ALAMAT pakdetolip@gmail.com. maksih sbelumnya

    ReplyDelete

Anda memerlukan silabus, RPP, PTK yang lainnya yang belum saya terbitkan ?? silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini.
Komentar anda akan di moderasi terlebih dulu sebelum tampil.